Amankan Windows Anda Sekarang !!!

windows
Table of Contents

PENDAHULUAN

Sempat viral dan menjadi perbincangan di beberapa stasiun televisi, beberapa waktu lalu, ketika dunia di hebohkan dengan munculnya ancaman virus Ransomware Wannacry yang menyerang secara tiba-tiba beberapa negara di dunia. Tak hanya itu virus tersebut menginfeksi lebih dari 75.000 komputer di 99 negara, tak kecuali di Indonesia. Beberapa komputer terinfeksi dan menjadi korbannya diantara ada rumah sakit, lembaga sosial dan lain-lain. Umumnya komputer yang terinfeksi, menjadi terkunci dan tidak bisa berjalan secara normal, serta mendapat pesan dari peretas berupa notifikasi agar membayar sejumlah uang dalam bentuk bitcoin jika ingin membuka semua file mereka kembali secara normal. Umumnya virus menyasar komputer dengan sistem operasi windows yang belum di update atau memilki celah yang sejalan dengan jenis virus yang menginfeksinya.

https://govcsirt.bssn.go.id/hati-hati-serangan-ransomware-wannacry-belum-berakhir/

Bahkan menurut berita yang beredar, ada sejumlah instansi yang terpaksa harus membayar kepada pelaku, karena untuk mengembalikan data-data mereka yang sangat penting dan berharga tentunya. Dari kasus ini kita diharapkan agar terus berhati-hati apabila komputer kita tersambung ke dunia luar (internet). Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjaga komputer kita terlindungi dari serangan dan virus dari internet, berikut pembahasan nya :

1. Gunakan Sistem Operasi Original

Sistem operasi merupakan inti dari komputer kita, menggunakan sistem operasi original akan meminimalisir ancaman dari luar. Sistem akan secara otomatis meng update ke server untuk mengunduh pembaruan yang di perlukan, dan memperbaiki celah-calah di komputer anda. Jika komputer anda adalah bajakan, maka server akan menolaknya tentunya. Selain itu sistem bajakan rawan di susupi oleh virus dan malware, mungkin saja komputer anda berjalan nomal saat ini, meski menggunakan bajakan, tapi siapa tau secara diam-diam, komputer bajakan anda membuka port tertentu dan menghubungi server tertentu, sehingga komputer anda dalam pengawasan/remote dan di jadikan kompter zombie tanpa anda sadari.

Download windows 10 langsung di website resmi

2. Update Sistem Operasi

Updating sistem operasi menjadi hal yang tidak boleh di lewatkan, untuk memastikan sistem di komputer anda berjalan dengan baik dan lancar. Pastikan anda memiliki koneksi internet untuk melakukannya.

Proses update sistem operasi windows

3. Update Microsoft Store

Berikutnya adalah mengupdate aplikasi bawaan ataupun aplikasi tambahan yang anda install di sistem komputer anda yang terletak di tab microsoft store.

proses update aplikasi di microsoft store

4. Aktifkan Windows Firewall

Firewall merupakan pelindung kompter dan jaringan anda dari bahaya yang mengancam dari luar. Pastikan anda mengkatifkan dan status firewall di komputer menyala dengan status ON. kemudian pastikan anda melakukan scanning secara berkala untuk antivirus.

5. Periksa Hasil Download Dari Internet

Virus dan trojan dari internet bisa berbahaya bagi keamanan komputer anda. Maka dari itu, setiap anda mendownload apapun dari internet, baik itu file dokumen, gambar, video, aplikasi dan lain-lain, alangkah bijaknya anda berhati-hati tidak langsung meng klik atau membuka file nya, tetapi anda melakukan proses scanning untuk memeriksa, apakah ada program berbahaya di dalamnya.

Virus dapat di sisipkan oleh peretas di dalam file, foto, aplikasi dan lain-lain.

Tetap waspada

Anda bisa melakukan pemeriksaan file secara online dan gratis salah satunya di website virustotal.com. Website tersebut menawarkan pemeriksaan file secara gratis, mereka menggunakan lebih dari 50 anti virus terkemuka di dunia. Jadi, seolah-olah anda memiliki anti virus yang terinstall di komputer sebanyak itu.

klik choose file untuk mengunggah file anda

6. Hindari Membuka Situs Tidak Aman (http)

Apa perbedaan HTTP dan HTTPS? http adalah jenis pertukaran informasi antara klien dan server, dimakan koneksi yang terjalin tidak di enkripsi, alhasil koneksi bisa saja di sadap dan di manipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, sedangkan https adalah, pertukaran informasi dimana koneksi yang terjalin antara kedua belah pihak, di lakukan enkripsi, sehingga tidak mudah disadap dan infomasi bisa dengan aman terjadi. Ciri website yang menggunakan https adalah terdapat icon kunci (gembok) yang menandakan koneksi berjalan dengan aman.

koneksi aman dengan https ditandai simbol gembok

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk meminimalisir ancaman dari internet. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi resiko sekecil mungkin, ketika kita masuk ke jaringan luar di internet. Selain itu kita bisa melakukan langkah tambahan seperti : tidak mudah meng klik link yang mencurigakan, tidak masuk ke jaringan publik yang tidak dikenal.

Buat Website Sekarang Juga

Kalau kamu ingin membuat website berkualitas dan terbaik, percayakan saja pada kami. Kamu bisa menghubungi kami di bagian Kontak Kami.

Kamu mau? segera hubungi kami.

Join grup whasapp

Jangan lupa untuk menshare artikel ini jika bermanfaat. Ayo kita Cerdaskan indonesia dengan Cerdas dalam memakai teknologi | #CerdasTeknologi.

DOMAIN MURAH HANYA 30 Rb

Diposkan oleh Asep Mulyadi

Seorang tenaga pendidik di Sekolah Dasar Negeri di Cibatu-Purwakarta, Pengguna Dual Boot dan Menyukai sistem operasi linux

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *