Install SSL Let’s Encript di localhost NGINX

ssl lest encript

PENDAHULUAN

1. Pengertian SSL

SSL atau Secure Socket Layer adalah proses dimana transfer data dari klien ke server dan juga sebaliknya terjadi secara aman. Proses yang terjadi di enkripsi, sehingga pengiriman data bisa berjalan dengan lebih aman, dan tidak mudah untuk di sadap serta di manipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. SSL memiliki banyak manfaat, selain untuk keamanan transfer data, dengan menggunakan SSL, kredibilitas serta kepercayaan perusahaan atau pemilik website juga akan meningkat, karena keamanan yang di terapkan dengan serius.

Ciri yang paling mudah, website yang dilengkapi dengan protokol https adalah, terdapat icon kunci atau gembok di samping alamat website atau URL nya.

icon kunci, tanda website menggunakan koneksi https

2. Jenis-Jenis SSL

Ada beberapa jenis-jenis SSL, diantaranya ada SSL yang gratis dan juga berbayar. Selain itu, ada SSL yang memang di peruntukan untuk single domain , ada juga untuk termasuk wild card atau sub domain. Dengan harga yang Variatif yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan dan budget anda tentunya.

2.1 SSL Gratis

Let’s Encrypt adalah Otoritas Sertifikasi (CA) yang gratis, terotomatisasi dan terbuka, ada untuk keuntungan publik. SSL dari Lets Encript menjadi alternatif yang bisa anda gunakan untuk mengamankan koneksi website, selain gratis, SSL dari lets encript memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah :

  • Gratis
  • Otomatis
  • Aman
  • Transparan
  • Terbuka
  • Kooperatif

Selain itu, SSL lets Encript dapat di install atau di tempatkan di server secara online, dan juga bisa pasang di jaringan lokal atau localhost, jadi jangan minder untuk menggunakan jenis SSL gratisan.

2.2 SSL Premium

Berikutnya, SSL premium atau berbayar. Ada banyak perusahan yang menawarkan jenis sertifikat untuk mengamankan website anda. Sebut saja diantaranya sectigo, RapidSSL, GeoTrust dan lain-lain. Dengan harga yang variatif tentunya, misal, untuk single domain sekitar 130ribu per tahun untuk merek tertentu, dan bahkan ada yang harganya jutaan per tahun. Setelah anda membeli SSL premium ini, anda akan mendapatkan beberapa file yang berupa sertifikat dan key yang terkait dengan domain yang anda gunakan untuk SSL seperti namadomain.crt namadomain.key dan juga nama domain.pem, yang kemudian anda mesti melakukan sejumlah setingan di kontrol panel web anda atau server anda, agar SSL bisa berjalan dengan baik.

3. Install SSL di Localhost – Nginx

Baik, kita akan simulasi di virtualbox, menginstall SSL Lest Encript di localhost, dengan menggunakan web server nginx dimesin ubuntu 20.04 LTS. Terkadang memang, kita membutuhkan SSL untuk simulasi atau menjalankan program tertentu di localhost, dan untuk itu kita membutuhkan SSL secara instan dan gratis, maka pilihannya jatuh ke SSL Lets Encript.

Pertama, login ke server ubuntu 20.04 dengan SSH

ssh -p22 [email protected]

Setelah berhasil login, masukan perintah berikut untuk membuat kunci dan sertifikat untuk SSL

openssl req -x509 -out localhost.crt -keyout localhost.key \
  -newkey rsa:2048 -nodes -sha256 \
  -subj '/CN=localhost' -extensions EXT -config <( \
   printf "[dn]\nCN=localhost\n[req]\ndistinguished_name = dn\n[EXT]\nsubjectAltName=DNS:localhost\nkeyUsage=digitalSignature\nextendedKeyUsage=serverAuth")

Patikan anda telah menginstall Nginx dan menjalankan nya

akan muncul file localhost.crt dan localhost.crt

Setelah perintah diatas dijalankan, akan muncul 2 buah file bernama localhost.key dan localhost.crt . Kedua file tersebut selanjutnya akan kita simpan di /etc/ssl/private/.

sudo scp localhost.key localhost.crt /etc/ssl/private/

Berikutnya kita akan konfigurasi setingan Nginx di /etc/nginx/site

sudo nano /etc/nginx/sites-available/default 

kemudian kita konfigurasi nginx dengan setingan berikut

server {
        listen 443 ssl;
        listen [::]:443 ssl;
        root /var/www/html;
        index index.html index.htm index.nginx-debian.html;

        server_name _;
        ssl_certificate     /etc/ssl/private/localhost.crt;
        ssl_certificate_key /etc/ssl/private/localhost.key;
        ssl_protocols       TLSv1 TLSv1.1 TLSv1.2;
        ssl_ciphers         HIGH:!aNULL:!MD5;
        location / {
                try_files $uri $uri/ =404;
        }
}

jika sudah selesai, ketik tombol kombinasi CTRL + X kemudian pilih Y dan ENTER untuk menyimpan konfigurasi. Kemudian restart Nginx dengan perintah sudo systemctrl restart nginx.service

Jika berhasil tampilannya sebagai berikut

SSL berhasil di install di localhost

Buat Website Sekarang Juga

Kalau kamu ingin membuat website berkualitas dan terbaik, percayakan saja pada kami. Kamu bisa menghubungi kami di bagian Kontak Kami.

Kamu mau? segera hubungi kami.

Jangan lupa untuk menshare artikel ini jika bermanfaat. Ayo kita Cerdaskan indonesia dengan Cerdas dalam memakai teknologi | #CerdasTeknologi.

Baca Juga : Mengenal Teknologi Cloud VPS Hosting

Diposkan oleh Asep Mulyadi

Seorang tenaga pendidik di Sekolah Dasar Negeri di Cibatu-Purwakarta, Pengguna Dual Boot dan Menyukai sistem operasi linux

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *