Mengenal Sistem Operasi Linux

Banner pwkbelajarid

Baik, kali ini kita sama-sama belajar dan mengenal sistem operasi Linux. Mungkin nama Linux sering atau pernah kita dengar, tetapi disebagian besar masyarakat Indonesia belum tau Linux itu apa, atau mahluk seperti apakah linux itu ? hehehe.

Linux adalah sistem operasi bebas dan kode sumber terbuka dan di bangun diatas kernel linux. Jadi setiap orang sebetulnya bisa membuat dan memodifikasi linux sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Beragam sistem operasi linux atau unix yang populer diantaranya Debian, Centos, Ubuntu, Fedora dan lain-lain.

Nah, dari sekilas pengertian diatas, kita bisa memahami bahwa Linux merupakan OS atau perangkat lunak pada komputer, Linux merupakan sistem operasi yang free atau gratis, sehingga bisa kita gunakan tanpa membeli lisensi apapun, dan menjadi Favorit sebagian kalangan, seperti saya tentunya. Memang, linux juga ada versi / distro yang berbayar, semua kembali kepada anda sebagai pengguna.

Kelebihan Linux Diantaranya :

1. Free atau Gratis

Untuk mendapatkan linux, dan menginstall nya di komputer, anda hanya perlu mendownloadnya dari situs resmi. Tidak perlu membayar alias gratis. Jika anda bersedia dan merasa terbantu dengan adanya OS linux, anda bisa berdonasi agar para pengembang lebih bersemangat lagi tentunya untuk mengembangkan dan memperbaharui sistemnya:-D

2. Banyak Varian

Ya, linux memiliki banyak sekali Distro atau varian yang bisa anda coba. Misalnya Ubuntu, Debian, Centos, Linux mint, Fedora dll. Semakin banyak pilihan, tentunya semakin bagus, dan kita tinggal coba mana yang nantinya akan menjadi Favorit bagi kita.

3. Lebih kebal terhadap virus atau malware

Linux menjadi OS yang digemari karena kemampuannya dalam menghadapi virus dan semisalnya. Linux menganggap semua hal didalam sistem dan aplikasinya adalah sebuah file. Dan juga, dilinux dibagi berdasarkan hak akses dari setiap user terhadap kepemilikan sebuah file atau aplikasi. Jadi, Misal, jika user A linux terkena virus, maka virus tidak otomatis menyerang user B, karena mungkin permision atau hak akses keduanya berbeda.

4. Lebih Bebas

Linux adalah sistem operasi yang terbuka atau Open Source. Anda bisa memodifikasi sistem anda sendiri sesuai dengan kebutuhan anda, tentunya hal tersebut membutuhkan kemampuan programming dan lain-lain. Tetapi intinya, kita lebih bebas dalam nenggunakan nya.

5. Aplikasi Gratis

Linux juga memiliki aplikasi yang bisa kita gunakan untuk keperluan pekerjaan kita. Misal untuk membuat surat, tabel, editing video, foto, website, semuanya tersedia di linux secara gratis, tidak perlu membeli lisensi alias gratis. Misal untuk aplikasi perkantoran, ada aplikasi Libreoffice

Kekurangan Linux

Sulit bagi saya untuk menyebutkan ini sebagai kekurangan, tidak ada sistem operasi yang sempurna di dunia ini, termasuk linux juga memiliki kekurangan dan keterbatasan. Seseorang yang ingin belajar linux, harus memiliki kesabaran, dan meluangkan waktu dan tenaga untuk belajar hal-hal yang baru, karena ada beberapa hal di linux, harus dikerjakan melalui comandline atau baris perintah, sedangkan di linux banyak sekali perintah yang bisa di jalankan dan terkadang membuat bingung bagi para pemula yang baru belajar. Jadi, semua kembali kepada anda, sistem mana yang paling cocok dengan anda, maka dalami dan nikmati agar mempermudah pekerjaan anda.

Buat Website Sekarang Juga

Kalau kamu ingin membuat website berkualitas dan terbaik, percayakan saja pada kami. Kamu bisa menghubungi kami di bagian Kontak Kami.

Kamu mau? segera hubungi kami.

Baca Juga : Mengenal Teknologi Cloud VPS Hosting

Diposkan oleh Asep Mulyadi

Seorang tenaga pendidik di Sekolah Dasar Negeri di Cibatu-Purwakarta, Pengguna Dual Boot dan Menyukai sistem operasi linux

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *