Menggunakan Tor Browser di Linux

banner tor browser

1. Apa itu tor browser

Dari namanya, tor browser adalah sebuah web browser atau aplikasi untuk berselancar di internet secara pribadi atau Privately. Namun sedikit berbeda daripada web browser pada umumnya yang sering digunakan secara umum oleh masyarakat luas seperti firefox, chrome, IE dll, tor browser memiliki kemampuan untuk menghindari pelacakan, sensor maupun pengawasan oleh pihak yang berwenang di bidangnya seperti pemerintah, provider dll.

Web browser sendiri tersedia secara gratis untuk bisa di unduh di alamat https://www.torproject.org, tersedia untuk sistem operasi windows, linux, macOS, dan android. Tor browser sendiri dibuat oleh sebuah organisasi nirlaba yang berlokasi di Amerika Serikat, agar setiap orang bisa secara bebas menjelajahi internet.

opsi download tor browser

2. Fitur Tor Browser

2.1 Blok Pelacakan

Tor Browser mengisolasi setiap situs web yang Anda kunjungi sehingga pelacak dan iklan pihak ketiga tidak dapat melacak Anda. Cookie apa pun secara otomatis dihapus setelah Anda selesai menjelajah. Begitu juga riwayat penjelajahan Anda, jadi anda bisa dengan bebas berselancar di internet.

2.2 Pertahanan Terhadap Pengawasan

Terkadang, kita tidak menghendaki orang lain memata-matai aktifitas kita berselancar di internet. Tor Browser mencegah seseorang yang melihat koneksi Anda untuk mengetahui situs web apa yang Anda kunjungi. Semua orang yang memantau kebiasaan menjelajah Anda dapat melihat bahwa Anda menggunakan tor browser. Tetapi, mereka tidak mengetahui, situs mana saja yang kita kunjungi dan lain-lain.

2.3 Menolak Sidik Jari

Tor browser bertujuan untuk membuat semua pengguna internet terlihat sama, sehingga ini cukup menyulitkan Anda untuk sidik jari berdasarkan browser dan informasi perangkat yang anda gunakan Anda.

2.4 Enkripsi Multi Lapis

Ini adalah pengamanan yang bagus. Lalu lintas kita di internet, diteruskan dan dienkripsi tiga kali saat melewati jaringan Tor. Jaringan ini terdiri dari ribuan server yang dijalankan oleh sukarelawan yang dikenal sebagai relay Tor.

Enkripsi 3 lapis

2.5 Bebas berselancar di internet

Dengan tor browser, anda bebas mengakses situs yang mungkin telah diblokir oleh jaringan rumah anda, atau pihak lainnya di wilayah anda.

3. Menggunakan Tor Browser di Linux

3.1 Unduh Tor Browser

Untuk mengunduh tor browser, silahkan buka web browser dan ketikan alamat https://www.torproject.org/download/ , kemudian pilih download for linux. Atau bisa juga dengan membuka terminal di linux, dengan perintah wget.

wget https://www.torproject.org/dist/torbrowser/11.5/tor-browser-linux64-11.5_en-US.tar.xz
unduh tor browser

3.2 Ekstrak File Tor Browser

Berikutnya kita ekstrak file tor browser yang telah di unduh.

ekstrak tor browser

3.3 Berpindah Ke Direktori Hasil Ekstrak & Jalankan Tor Browser

Masuk ke direktori & jalankan tor browser

3.4 Selesai

Kini anda bisa berselancar di internet secara privately. Selamat.

tor browser siap di gunakan

Kesimpulan

Dengan tor browser kita memang bisa bebas berinternet atau berselancar dengan bebas, namun satu hal yang wajib di perhatikan, dengan tor browser, kita juga bisa membuka situs-situs yang berbahaya di dalamnya, seperti virus, trojan, malware dll. Sangat beresiko untuk di gunakan, apalagi jika komputer kita memiliki kerentanan, bisa-bisa kita menjadi korban peretasan. Selalu update sistem operasi, tutup port yang tidak digunakan, gunakan proxy yang baik, dan hindari mendownload file apapun jika tidak yakin file tersebut aman.

Baca Juga : Cara Membuka dan Menutup Port di Linux

Diposkan oleh Asep Mulyadi

Seorang tenaga pendidik di Sekolah Dasar Negeri di Cibatu-Purwakarta, Pengguna Dual Boot dan Menyukai sistem operasi linux

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *