Apa Itu CMS WordPress? Ini Pengertian dan Keunggulannya

Wordpress

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, memiliki website tidak harus mempunyai kemampuan coding. Kamu bisa dengan mudah membayar jasa pembuatan website atau bisa juga dengan menggunakan CMS WordPress, syaratnya kamu hanya perlu menyiapkan hosting murah Indonesia serta nama domain untuk kebutuhan branding.

Apa itu CMS WordPress ?

CMS sendiri merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur konten pada website. Tujuannya tentu saja agar lebih mudah dalam pengelolaan website. Sedangkan WordPress ialah salah satu CMS yang bersifat open source yang digunakan untuk membuat website.

Sifatnya yang open source ini membuat WordPress memiliki banyak komunitas dan dukungan. Karena WordPress menjadi software yang paling mudah untuk membuat website maupun blog yang kuat.

Popularitas WordPress mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Di tahun 2004, WordPress mengupdate fitur secara besar-besaran seperti edit link, multiple category, dan masih banyak lagi. Puncaknya yaitu di tahun 2005, WordPress merilis versi 1.5 yang sudah diunduh sebanyak 900 ribu kali.

Tidak hanya itu, namun di tahun yang sama WordPress juga menambah layanan dengan WordPress.com. Layanan tersebut menyediakan platform untuk membuat website secara gratis seperti blogspot. Hingga kini WordPress menjadi CMS dengan jumlah pengguna terbesar di dunia.

Keunggulan CMS WordPress

Ada beragam keunggulan yang ditawarkan oleh CMS WordPress. Berikut beberapa keunggulannya, antara lain:

1. Dapat Diakses Secara Gratis

Salah satu daya tarik dari WordPress yaitu bisa diakses secara gratis. Ini sangat cocok bagi kamu yang baru memulai untuk membuat website. Kamu bisa mengunjungi website WordPress.com untuk membuat website gratis.

2. Mudah Digunakan

Selain gratis, CMS WordPress juga sangat mudah untuk digunakan. Bagi pemula sekalipun ini akan sangat sederhana. apalagi di menu dashboardnya sendiri sudah sangat jelas dan lengkap. Fitur editing yang tersedia akan memudahkan pengguna.

3. Memiliki Komunitas Pengembang Yang Sangat Banyak

WordPress sendiri memiliki komunitas pengembang theme dan plugin terbesar di dunia. Ini tentu akan membuat pengguna menjadi lebih leluasa dalam penggunaannya. Dengan CMS WordPress maka kamu sudah bisa membangun website yang powerfull dari tema dan plugin yang bisa didapatkan di internet.

4. Lebih SEO Friendly

Keunggulan lainnya yaitu SEO friendly terhadap mesin penelusuran seperti Google. Struktur kode dari CMS WordPress sangat disukai oleh algoritma mesin pencari. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang membuat situs website menggunakan WordPress.
Baca juga : hosting wordpress paling cepat

5. Lebih Leluasa Untuk Menambahkan Fungsi

Banyaknya komunitas pengembang WordPress memungkinkan kamu untuk lebih leluasa menambahkan fungsi plugin maupun fitur tambahan pada website. Kamu bisa mencari di situs marketplace penjualan tema apabila belum mendapatkan di theme bawaan.

6. Support Marketplace

CMS WordPress sudah mendukung terhadap situs jual beli online seperti pembuatan toko online dan marketplace. Untuk kamu yang ingin membuat website e-commerce yang sederhana, WordPress bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kekurangan CMS WordPress

Selain keunggulan yang ditawarkan, tentu terdapat kekurangan pula yang menyertainya. Beberapa kekurangan dari penggunaan CMS WordPress yaitu sebagai berikut:

1. Fitur Keamanan Belum Sempurna

WordPress bersifat open source dan cukup populer, sehingga masalah keamanan tidak bisa dihindari. CMS ini sangat rentan diserang hacker dengan menyisipkan script berbahaya pada kerangka kodenya.

Biasanya jika kamu mengunduh secara gratis fitur plugin nulled di internet tanpa melalui situs resmi penjualan plugin WordPress. Plugin yang berbahaya akan membuat situs website kamu mengalami permasalahan yang berisiko tentunya.

Hal yang paling parah bisa di blacklist oleh mesin pencari Google. Situs web biasanya akan ditandai sebagai spam karena memiliki virus atau malware. Apabila hal ini terjadi, maka sulit untuk bersaing dengan kompetitor bisnis di dunia internet.

Akan sangat penting untuk melakukan pembelian di situs resmi. Jika kamu menggunakan jasa web developer maka bisa memilih jasa yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas yang bisa dipertanggungjawabkan.

2. Belum Bisa Mengerjakan Fungsi Yang Kompleks

Kekurangan lainnya dari penggunaan CMS ini ialah belum bisa mengerjakan fungsi yang kompleks. Bagi kamu yang memiliki tujuan pembuatan website untuk sistem yang lebih kompleks, maka CMS buatan sendiri jauh lebih baik.

Hal ini karena tidak ada batasan dalam menambah fungsi sendiri jika dibandingkan dengan menggunakan CMS WordPress. Lain halnya bagi yang expert di dunia programing maka fungsi atau plugin WordPress bisa mengikuti sistem yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengembang pluginnya.

Kamu tidak bisa begitu saja mengubah script kodenya. Terdapat lisensi maupun struktur yang perlu dipahami sebelum melakukan perubahan tersebut. Oleh karena itulah, perlu untuk memahami dan mengetahui secara mendalam sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Itulah ulasan lengkap mengenai CMS WordPress, semoga bisa menjadi gambaran dan referensi bagi kamu yang ingin memulai untuk membuat website. Sama halnya dengan CMS lainnya, WordPress pun hadir dengan keunggulan dan kekurangannya sehingga kamu perlu memahami dan mempelajari sebelum menggunakannya.

Baca Juga : Cara Trial VPS DigitalOcean

Diposkan oleh Asep Mulyadi

Seorang tenaga pendidik di Sekolah Dasar Negeri di Cibatu-Purwakarta, Pengguna Dual Boot dan Menyukai sistem operasi linux

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *