Tips mengoptimalkan penggunaan Google Chrome

Jaman internet seperti sekarang ini membuat kita melakukan pencarian dengan penggunaan google chrome dalam kehidupan sehari-hari. Simak tips untuk mengoptimalkan penggunaan google chrome untuk meningkatkan produktivitas.

1. Ketahui penggunaan shortcut papan ketik

Seperti kebanyakan browser yang lain, Google Chrome mempunyai banyak shortcut papan ketik yang membantu menambah produktivitas. Di bawah ini shortcut yang menjadi favorit :
Ctrl+ [1] – [8] = Menekan tombol Ctrl dan nomor 1 sampai 8 dapat langsung menuju tab yang sedang terbuka
Ctrl+[9] = Pindah ke tab terakhir
Ctrl+H = Membuka histori penjelajahan
Ctrl+J = Membuka unduhan
Ctrl+K = Menggerakan penunjuk mouse ke adress bar (kolom pencarian)
Ctrl+T = Membuka Tab baru
Ctrl+Shift+T = Membuka Tab yang telah tertutup

2. Menggunakan omnibox / kotak adress bar selain dari pencarian

Selain itu, Google Omnibox memungkinkan mengerjakan tugas lebih selain dari menampilkan URL dan mengijinkan melakukan pencarian. Selain itu juga dapat melakukan perhitungan matematika Seperti “3*4” atau “Log 12” dan dapat menjawab pertanyaan seperti “1 USD berapa rupiah untuk hari ini?”. Cobalah untuk mencoba melakukan perhitungan matematika di Google Omnibox tanpa harus menekan tombol “Enter” untuk mengetahui hasilnya.

3. Sinkron browser Chrome dengan akun Google kamu

Chrome mengijinkan kamu untuk melakukan sinkronisasi dengan pengaturan, password, dan bookmarks ke Google Akun kamu. Jika kamu memiliki banyak komputer yang digunakan (contohnya Komputer kerja dan komputer rumahan). sinkronisasi membuat kamu dapat mengakses semua bookmark dan pengaturan akun dari beberapa perangkat. Kamu dapat masuk ke dalam Google Akun dan mengatur pengaturan sinkronisasi dengan mengklik “Pengaturan” atau “Settings” dalam bahasa inggris di Titik 3 sudut kanan atas.

4. Pin (menyematkan) tab yang sering digunakan

Pin tab favorit kamu untuk menghemat penggunaan tab. Pada gambar di bawah kamu dapat melihat 8 tab yang sudah di Pin, yang dapat menghemat ruang tab kamu.

penggunaan google chrome

Untuk Pin sebuah tab, klik-kanan pada Tab yang akan disematkan, lalu pilin “Pin”.

5. Gunakan fitur AutoFill

Menggunakan Fitur Autofill Chrome untuk Otomatis mengisi Form online seperti Nama, E-mail, alamat rumah dan sebagainya. Untuk melakukan Pengaturan Autofill ikuti langkah dibawah ini :

  • Klik Titik tiga di sudut kanan atas
  • Klik Settings
  • Di sebelah kiri, cari dan klik tombol Autofill
  • Lalu klik “Adresses and more” dan Klik “Add” untuk menambahkan Nama, Alamat, E-mail, dan sebagainya.
  • Klik Simpan.

6. Menggunakan Task Manager Chrome

Gunakan Task Manager dari Chrome untuk melihat berapa penggunaan memory dan Sumber daya CPU di setiap tab yang terbuka dan Penggunaan Ekstensi yang kamu install. Untuk Membuka Task Manager kamu bisa menekan “Shift+Esc” atau klik ikon menu Google Chrome (Tiga titik di sudut kanan atas), pilih “More Tools” dan Klik “Task Manager”.

7. Gunakan perintah Chrome

Gunakan perintah chrome:// untuk mengakses fitur tersembunyi Chrome. Disana ada banyak perintah tersedia yang dapat membantu kamu dari mulai melihat informasi DNS, Informasi GPU, melihat konflik Chrome, dan masih banyak lagi. Daftar perintah dapat kamu akses dengan mengetik chrome://chrome-urls di omnibox google/Kotak pencarian atas.

8. Install ekstensi Chrome

Tidak ada browser internet mempunyai fitur yang kamu inginkan, kita memberikan saran mengujungi Google Chrome Webstore untuk menginstall ekstensi gratis di browser kamu. Sampai sekarang, ribuan ekstensi yang tersedia, permainan dan banyak tambahan lain yang dapat kamu install di web browser milikmu.

Pastikan juga kamu tetap melakukan update Google Chrome secara berkala.

Diposkan oleh Pian Firman Hidayat

Orang IT yang salah masuk jurusan keguruan.
Suka nongkrong di IG : @rdpian.
Terus Berjuang agar rakyat indonesia #CerdasTeknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *