Trick dan cara meningkatkan traffic website pemula

cara meningkatkan traffic website PwkbelajarID cloud hosting vps niagahoster

Memiliki website dengan banyak pengunjung mempunyai segudang manfaat. Mulai dari mendapatkan penghasilan, dikenal banyak orang, sehingga mudah memasarkan produk dan jasa. Tetapi banyak orang yang tidak tahu cara meningkatkan traffic website apalagi bagi pemula.

Sebagai pemula, pengetahuan tentang traffic website ini sangat penting dipelajari. Website yang traffic nya tinggi dapat dikatakan sebagai website yang hidup.

Nah, Sobat semua, berikut ini trick dan cara meningkatkan traffic website bagi pemula. Baca artikel sampai tuntas ya!

Trick dan cara meningkatkan traffic website :

1. Belajar SEO

belajar seo PwkbelajarID cloud hosting vps niagahoster
@unsplash.com

Langkah pertama adalah membekali diri dengan pengetahuan tentang SEO. Apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari.

Singkatnya dengan belajar SEO kamu dapat mempelajari bagaimana cara mengoptimasi sebuah website sehingga muncul dalam ranking teratas di mesin pencari dan orang dapat dengan mudah menemukan website kamu.

Hari ini belajar SEO bisa gratis maupun berbayar. Untuk belajar gratis, kamu tinggal mencari di mesin pencari seperti google atau tutorial dalam bentuk video di youtube.

Sedangkan berbayar, kamu tinggal ikut kursus di platform yang menyediakan banyak kursus, seperti udemy, skillacademy, atau kamu bisa membeli buku yang membahas SEO di toko buku.

Jadi pilihlah yang sesuai dengan tujuan belajar dan dompet kamu ya!

2. Riset Keyword

riset keyword PwkbelajarID cloud hosting vps niagahoster
@unsplash.com

Riset keyword merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencari kata kunci yang paling sering dicari banyak orang di mesin pencari.

Dilansir dari Neil Patel, tujuan sederhana nya adalah mencari apa yang sering dibutuhkan oleh orang banyak sehingga dengan membuat konten dengan kata kunci yang tepat, website kamu akan sering dikunjungi.

Bagaimana cara kamu melakukan riset keyword? Kamu dapat menggunakan tools yang tersedia di internet, seperti Ubersuggest, Ahrefs, Google Keyword Planner, dan sebagainya.

Tentunya menemukan keyword yang tepat untuk konten website-mu merupakan langkah yang efektif.

3. Maksimalkan Judul

Maksimalkan judul PwkbelajarID cloud hosting vps niagahoster
@unsplash.com

Kebanyakan pemula kurang memperhatikan, bahwa dengan memaksimalkan judul dapat membuat orang tertarik mengklik konten website.

Dilansir dari Monsterinsights bahwa judul yang menarik harus mempunyai tiga unsur. Yang pertama yaitu judul yang memiliki kata-kata kuat seperti “terbatas”, “bagaimana cara”, “spesial”, dan sebagainya.

Kedua, memiliki kata-kata yang dapat membangkitkan emosi seperti “keuntungan”, “kejutan”, “viral, “peringatan”, “kamu harus tahu” dan sebagainya.

Yang ketiga adalah memiliki kata-kata yang tidak biasa diucapkan orang banyak seperti “cantik”, “terbaik”, “baru” dan sebagainya.

Mulai saat ini gunakan kata-kata yang memiliki unsur di atas dalam membuat judul biar website mu makin menarik.

4. Optimasi SEO On-Page

cara meningkatkan traffic website PwkbelajarID cloud hosting vps niagahoster
Doc. PwkbelajarID

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimasi SEO dari “sisi dalam website” kamu sehingga mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Seperti menyebar keyword di URL, meta description, dan SEO Title. Selain itu kamu juga dapat memasukan Internal Link konten yang memiliki kesamaan topik sehingga orang terus mengunjungi website.

Jangan lupa untuk menambahkan gambar supaya menarik dan indah dilihat mata.

5. Optimasi SEO Off-Page

Optimasi SEO Off-Page bertujuan agar website kamu memiliki kredibilitas di halaman mesin pencari seperti google, yahoo dan sebagainya.

Kamu juga bisa mengoptimasi SEO dari luar website. Caranya adalah dengan mempromosikan website melalui iklan, atau membagikannya di media sosial.

Kemudian dalam kegiatan SEO Off-Page, kamu juga bisa membuat link building ataupun backlink.

Backlink adalah kegiatan menaruh link di website lain yang mengarah ke website kita. Untuk membuat backlink yang bagus tentunya website lain yang kita gunakan untuk backlink harus memiliki struktur yang bagus.

6. Aktif di Komunitas yang sesuai dengan niche website

aktif di komunitas sesuai niche PwkbelajarID cloud hosting vps niagahoster
@unsplash.com

Niche website adalah topik spesifik yang selalu di bahas di dalam konten website kita. Kamu dapat bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan niche website sehingga dikenal orang banyak.

Sebagai contoh, kalau website kamu berbicara tentang SEO, baiknya kamu bergabung dengan komunitas blogger atau internet marketing.

Dengan aktif di komunitas kamu mendapatkan dua hal, yaitu bisa berkontribusi dalam menambah pengetahuan anggota komunitas dan menambah jumlah orang yang mengenal website kamu.

7. Tingkatkan speed dan mobile friendly website

page speed mobile friendly PwkbelajarID cloud hosting vps niagahoster
@unsplash.com

Untuk meningkatkan kecepatan membuka halaman website dan ramah di tampilan mobile, kamu perlu memilih tempat hosting yang bagus. Pemilihan hosting sangat mempengaruhi kecepatan sebuah website.

Jika pengunjung website mu saat membuka halaman yang loading nya lambat kemungkinan besar pengunjung website mu akan berkurang.

Maka dari itu, kamu dapat membeli VPS Hosting di Niagahoster untuk layanan dan kecepatan maksimal melalui VPS Indonesia.

Kesimpulan

Untuk dapat meningkatkan traffic website kamu harus terus meng-upgrade pengetahuan kamu dengan belajar SEO. Setelah itu kamu dapat mengoptimasi SEO website baik secara On-Page (Riset Keyword dan sebagainya) maupun Off-Page (Promosi di media sosial, membuat backlink, dan aktif di komunitas). Terakhir kamu harus memilih hosting yang mempunyai layanan dan kecepatan maksimal.

Demikian trick dan cara meningkatkan traffic website dari PwkbelajarID.

Daftar Pustaka

Diposkan oleh Pian Firman Hidayat

Orang IT yang salah masuk jurusan keguruan.
Suka nongkrong di IG : @rdpian.
Terus Berjuang agar rakyat indonesia #CerdasTeknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *